Google Search

Rabu, 01 Desember 2010

Kiat sukses menjadi pengusaha / marketing, cupang.

kali ini saya akan coba untuk menjelaskan pelbagai penguraian menarik yang memang menurut sepengetahuan saya hal ini jarang di bahas secara menyeluruh di dalam perbincangan dunia cupang, tentang bagaimana kita dapat menyikapi pengembangan usaha, perdagangan, pemasaran, serta usaha jasa ikan cupang di indonesia.

selain itu saya akan mengangkat suatu standard barometer usaha khusus nya dari kelas menengah ke atas karena itulah standard kelayakan nya, untuk meningkat kan mutu, kualitas ikan cupang secara jangka panjang dengan langkah yang lebih baik lagi;)

ok,.. adapun mata rantai yang akan saya jelaskan satu persatu ialah:

A. peternak (breeder).

B. pedagang (supplier & marketing).

C. hobby's (player, trainer, & buyer).

D. marketing (pemasaran & jasa).

E. praktisi (pengamat, analyst, & juri).

F. event organize (barometer).


A. peternak (breeder) rantai ke satu.

peternak yang baik peternak yang bener - benar telah melakukan hasil uji coba jangka panjang & hasil nya telah di minati oleh para konsumen cupang secara major dengan kualitas yang baik, dengan harga yang layak & terjangkau.

tentu nya peternak seperti ini sudah lah sangat memiliki konsekwensi dalam menangani segala permasalahan di dalam nya mulai dari penanganan pakan alami, pelbagai media pemijahan, media kolam pembesaran, serta team yang solid.

untuk mencapai hal tersebut di atas pasti nya bukan lah waktu sebentar tentu nya, selain itu perlu nya fokus konsentrasi yang tinggi & tidak terganggu dengan urusan cupang lainnya karena inilah rantai pertama dalam usaha cupang tersebut sebagai kapasitas, (PRODUKSI).

lalu apakah anda sudah menjadi peternak dengan kapasitas standard tersebut di atas?? jika ya,. maka anda sudah layak untuk lebih di promosikan sebagai peternak ANDALAN cupang, minimal di daerah tinggal anda berada.

B. pedagang (supplier & marketing) rantai kedua.

pedagang yang baik tentu nya sudah paham tentang kualitas pilihan yang di yakini nya dari rantai ke satu peternak, sebaik nya pedagang selalu melakukan pola estafet yang baik sebelum & sesudah melakukan promosi ikan yang akan di jual nya terhadap konsumen cupang.

*jika pada ikan cupang hias:

harus nya pedagang memiliki insting yang baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang dengan kemampuan memprediksi kan trend apakah yang akan naik pamor nya di dunia cupang hias? setidak nya pedagang tersebut sudah sering melakukan sharing (silahturahmi) dengan para juri, peternak maupun informasi trend ikan cupang hias lainnya di dunia maya, & itu jika pedagang nya tidak terlalu fanatis juga terhadap salah satu trend ikan cupang hias lainnya.

*jika pada ikan cupang adu:

harus nya pedagang cupang adu dapat memprediksikan juga untuk jangka panjang & pendek nya dengan me mendam ikan umur muda yang berkualitas minimal ber umur 4 / 5 bulan, jadi setelah ikan tua (unggulan) serie nya terjual habis maka ikan muda tersebut sudah lah matang ren & siap jual di (promosikan) kepada konsumen cupang adu lainnya, jadi bukan hanya sekedar jual cupang adu tapi tidak tau & prediksi kualitas yang baik secara *original test, sebelumnya.

& pasti nya pedagang yang baik pedagang yang selalu menjaga kepercayaan & memberikan service terbaik nya kepada seluruh konsumen, dengan penuh ke ramahan, ke sabaran, serta ketegasan yang berwibawa, agar konsumen yang ngawur tidak se enak - enak nya melakukan intervensi negatif, terhadap pedagang yang memang selalu memberikan kualitas ikan cupang terbaik nya.

*satu hal tambahan bagi pedagang secara attitude, sebaik nya jangan lah pernah memberi tahukan nama konsumen (pembeli), terhadap para konsumen lain nya terkadang bermaksud baik namun jadi nya malah petaka yang di dapat, jadi kalau bukan urusan yang sangat di rahasiakan maka sebaik nya pedagang tetap lah ber upaya untuk tidak memberi tahuhkan nama - nama pembeli lainnya, karena biarlah lah mereka para (pembeli) mengadu dengan keberuntu nya di lapangan secara masing - masing.

karena kalah menang nya suatu keberuntungan bukan lah hal yang harus di tuntut permasalahan nya dari pihak pedagang, namun di tangan para pembeli lah suatu keberuntungan yang patut dapat di koreksi kembali.

C. hobbys (player, trainer, buyer) rantai ke tiga.

sebagai pemain tentu nya harus mutlak dengan segala konsekwensi nya dengan apa yang telah kita pilih (beli) dari pedagang maupun peternak lainnya.

mulai dari umur yang kita yakini, penampilan, skill, serta ukuran yang memang kita ingin kan.

lalu apakah kita sudah mampu merawat nya??
untuk menghadapi pelbagai event kontes cupang hias??
atau untuk menghadapi ganas nya kalangan para gladiator cupang adu??

*orang yang pertama harus kita yakini ialah:

pedagang yang menjual ikan nya kepada kita dalam hal mempersiap kan rawatan yang akan kita coba aplikasikan di rumah (sasana, workshop) yang kita miliki.

lalu jika anda masih kurang yakin dengan rawatan yang di berikan oleh pedagang tersebut, maka anda harus melakukan observasi jangka panjang dengan experiment pribadi yang anda buat secara logis namun pasti nya tidak menutup kemungkinan ada nya share dari teman - teman senior lainnya dalam menangani perawatan & pengobatan cupang kesayangan kita.

jadi begitu anda menang di situlah awal kesuksesan kecil yang baru anda terima dari sebuah arti keberuntungan, tapi jika anda kalah maka itulah awal pembelajaran bahwa kekalahan bukan lah mutlak karena sebuah kualitas, namun bisa kita revisi dengan pelbagai strategy dalam menyikapi jaringan mata rantai perdagangan, & turun di kelas yang lebih rendah lagi, karena itulah hasil dari suatu pilihan yang telah anda yakini;)

D. marketing (pemasaran & jasa) rantai ke empat.

setiap pelbagai usaha pasti nya hal inilah yang paling menarik tentu nya, yaitu MARKETING!!
secara attitude marketing cupang, sebaik nya apabila ada langganan yang tidak hanya sekali dua kali membeli ikan kita maka sebaik nya kita harus lebih memperhatikan lagi dari segi keberuntungan yang akan kita bagi bersama jadi bukanlah konsumen itu sebagai object pembeli semata saja namun setidak nya kita bisa bangun kerjasama yang sangat menguntungkan untuk kedepannya dengan cara:

*apabila konsumen kita membawa konsumen baru, maka tidak ada salah nya kita memberi suatu bonus apa pun yang kita masih bisa anggap layak bagi kita maupun terhadap konsumen pertama tersebut, misal kan dengan memberikan sedikit discount (potongan harga), atau memberikan sample ikan yang bagus beberapa ekor terhadap konsumen pertama tersebut.

*memberikan franchise dengan jangka waktu tertentu misal 1 s/d 2 minggu kepada konsumen yang telah dapat di percaya oleh kita, dengan jaminan uang muka 50% dari jumlah ikan yang akan di bawa oleh rekan konsumen kepercayaan kita tersebut bahkan tidak perlu uang muka jika sudah sangat percaya namun secara konsekwensi ikan yang telah di pilih di (bawa) oleh konsumen kepercayaan kita tersebut jika ada yang mati & sakit harus lah tetap di bayar sesuai harga per - ekor nya kecuali yang cacat harus lah segera di pulang kan kepada pedagang / peternak tersebut.

*secara alternatif lain, marketing fee dapat lah di berlakukan sesuai kesepakatan ke dua belah plhak dengan cara sang marketing membawa calon pembeli ke tempat anda sesuai appointment pemberitahuan hari & waktu yang telah di tentukan, sebaiknya tidak perlu di mark up lagi harga ikan nya tapi dari harga dasar skenario yang telah di tentukan maka dari situlah item per - ekor nya yang harus di sisih kan untuk komisi marketing fee tersebut.

*marketing yang sudah menjalin hubungan yang baik secara batin terhadap pedagang maupun peternak maka secara cerdas dapat lah me motret ikan - ikan unggulan yang telah di sortir nya dengan jangka waktu yang telah di tentukan sebagai contoh:

ikan yang telah di pilih oleh sang marketing sebaik nya tidak boleh di jual oleh pihak pedagang / peternak secara ke seluruhan terhadap umum, misal target dari sekian puluh (ratus) ekor, hanya di pilih sekian puluh (belas) ekor nya oleh marketing tersebut jadi selebih nya pedagang / peternak tersebut masih bisa dapat menjual bebas ikan nya terhadap konsumen lainnya.

setelah itu marketing tersebut dapat mempromosikan nya di dunia MAYA!! dalam jangka waktu yang layak sesuai situasi & kondisi yang telah di targetkan namun tentu nya jangan terlalu lama & juga jangan terlalu cepat, kecuali jika produk ikannya di borong semua sama konsumen online.

maka setidak nya marketing yang telah sukses menjual produk nya di dunia maya harus lah sedikit berbagi keuntungan tambahan bagi para pedagang / peternak tersebut semacam komisi tambahan secara agreement yang dapat di percaya tentu nya karena marketing tersebut awal nya tidak lah dalam status membeli ikan dari pedagang / peternak,alias gretongan (gratis);)

*marketing yang handal tentunya:

selain mahir dalam men deskripsikan kualitas ikan secara attitude, di dunia offline maupun online, serta service yang baik kepada calon pembeli, dari komunikasi, keyakinan, pengepakan, kesehatan ikan, kestabilan kualitas ikan, umur & lainnya, maka harus lah dapat selalu menjelajah dengan baik ada di mana produk unggulan tersebut?? dengan cara observasi jangka panjang karena dengan demikian marketing tersebut telah memilik barometer suatu produk di mana kualitas reject pun, dapat di alokasikan ke tempat yang memang ternyata dapat ber prestasi di wilayah tersebut,. TOP..., marketing seperti inilah bisa menjual barang reject dapat menjadi barang berharga di tempat wilayah lain nya,

ckckckc,.. karena memang sudah punya barometer jam terbang yang mantap marketing seperti ini;)

* tidak perlu memelihara ikan cupang, tapi bisa jual ikan cupang secara sukses, berkala nasional maupun internasional!!

E. praktisi (pengamat, analyst betta, & juri) rantai ke lima.

orang - orang yang seperti inilah yang selalu menjadi tolak ukur yang layak & benar, dalam menyikapi segala aspek perkembangan kemajuan serta kesalahan, kekeliruan, kelalaian, di dunia ikan cupang khusus nya secara attitude yang baik bukan yang menyesat kan,. namun tidak terlepas dari itu semua mereka hanyalah manusia yang di berikan sedikit kemampuan dari tuhan untuk memberikan pengetahuan nya kepada seluruh kaum penggemar ikan cupang lainnya,.

maka secara tingkat keseluruhan mereka juga manusia biasa yang tidak lah luput dari kekurangan & kekeliruanya, karena manusia tidak lah ada yang sempurna.

*so,.. praktisi, pengamat, analyst betta & juri yang baik dapat lah memberikan pengetahuan nya seterang terang nya secara benderang, di dalam memberikan suatu pengetahuan serta alasan yang memang dapat di pertahankan secara pengalaman pribadi, riset, observsi, yang bukan se tahun dua tahun, untuk mengangakat pelbagai fakta yang akan atau sedang terjadi ke depannya nanti secara positif, logis, & inovatif.

maka jika anda tidak percaya omongan mereka itu hak anda atau mungkin anda lebih pantas menjadi mereka nanti nya? karena besar harapan betta klinik untuk memotivasi temen - temen yang sudah siap terjun di dunia ke praktisian, juri, pengamat serta lainnya,. yuk kita sama - sama menjadi suatu barometer yang positif bagi pertumbuhan generasi masayarakat kaum cupang di indonesia yang menurut kabar yang saya pantau bahwa orang indonesia adalah pemelihara cupang terbanyak di dunia setelah negara asia lainnya;)

F. event organize (barometer) umum, rantai ke enam.

kelompok, komunitas, club, organisasi yang telah memiliki setidak nya naungan kekuatan masayarakat maupun hukum, maka se tidak lah harus ber orientasi dengan sebuah acara / event besar (spectacular) yang harus benar - benar secara prosedural secara umum di lakukan.

namun setidak nya siapapun kelompok nya dapat lah melakukan sebuah kegiatan rutin yang harus terus di kembangkan & di bina dalam waktu jangka panjang ke depannya dengan cara alternatif sebagai berikut:

*cupang hias:

tidak ada salah nya mengadakan bursa jual beli secara offline dari rumah ke rumah dengan cara memberi tahukan kepada masyarakat pelanggan khusus nya pemula yang ingin belajar & membeli secara langsung di kota anda berada, maka dengan demikian para pedagang di kota anda akan jauh lebih memiliki barometer karena para konsumen / kolektor, hobby's cupang hias lainnya akan mencoba mendatangi bursa rumahan tersebut yang di selenggarakan mungkin pada tiap minggu nya atau bisa juga sebulan dua kali.

mengapa demikian?? ya karena dengan demikian, setiap pembeli akan merasa kan suatu kelas yang berbeda serta pengetahuan yang lebih layak lagi dari segi pergaulan, selera cupang yang berkualitas, mulai dari harga yang paling termurah sampai harga yang memiliki ke istimewaan tersendiri.

dengan cara:

-para peserta bursa cupang hias, bebas membawa beberapa ekor & sang tuan rumah membuat nomor urut gilir siapa yang pertama ikannya akan di jual di promosikan?, mulai dari harga termurah sampai harga termahal.

-satu aquarium pemajangan ikan per - ekor, di hargai sekitar Rp.5000,-

-jika ikan yang tidak terjual maka ikan tersebut dapat di bawa pulang kembali oleh yang punya, atau bisa juga sang tuan rumah menyediakan tempat untuk ikan - ikan yang tidak terjual atau belum terjual siapa tau nanti ada pembeli yang berminat?

-tentu nya sang tuan rumah juga dapat menjual menu makanan & minuman bagi para peserta pengunjung serta komunitas cupang hias lainnya.;)

-ikan yang terjual wajib memberikan potongan nilai jual secara komisi terhadap sang tuan rumah sesuai kesepakatan yang berlaku.

- tentu nya para marketing offline & online wajib berkumpul di tempat bursa cupang hias rumahan ini.

- segala nya akan lebih transparan mulai dari harga jual & kualitas ikan nya & selain itu moment ini sangat lah baik dalam menunggu event kontes cupang hias yang akan segera di laksanakan atau jika kontes tak kunjung di laksanakan di kota anda!

- semoga anda bisa jadi pemrakarsa bagi event yang sederhana ini tapi secara kekeluargaan, silahturahmi, kualitas, persahabatan & business, dapat lah saling menguntung kan, karena dengan ada nya acara ini barometer, kualitas, & harga cupang hias dapat lah di jadikan awal tolak ukur dalam memahami pelbagai attitude nya sebelum kontes cupang hias di selenggarakan & ini adalah bagian dari kegiatan secara team work (gotong royong) yang baik, maupun oraganisasi masayarakat di cupang.

* cupang adu:

tidak ada salah nya hubungan antara pedagang, peternak, pemain dapat lebih di persatukan lagi secara rutin dengan berkoordinasi dengan pihak - pihak terkait, agar nanti nya cupang adu bukan lah sebagai zona hitam (abu-abu) lagi karena secara umum sentimentil pribadi antar pemain lah yang sebenarnya sering menjadi kekeliruan bahwa cupang adu adalah momok judi yang menakutkan sehingga event legal nya pun tidak pernah terjadi seperti di thailand yang di dukung oleh pemerintah nya.

& semoga ke depannya indonesia dapat di jadikan suatu barometer kualitas bagi negara - negara lainnya, walau memang akhir nya perjuangan itu kita sendirilah yang mengendalikannya karena hidup adalah pilihan untuk menyukai segala macam warna yang akan di pilih nya.

semakin anda menekuni salah satu urutan di atas tersebut, maka tanpa anda sadari & tanpa di cari - cari, unsur business akan menghampiri diri anda & itu merupakan suatu ikatan mata rantai yang tidak dapat di pisah kan karena anda akan terikat satu sama lainnya cepat atau pun lambat.

semoga catatan klinik kali ini dapat memberikan sedikit petunjuk bagi kretifitas anda, sebagai pengusaha (marketing), yang bergerak di bidang ikan cupang.

karena sukses bukanlah dari penampilan yang anda miliki serta kekayaan yang anda dapat kan, tapi sukses di cupang adalah:

KETIKA ANDA SUDAH DI JADIKAN KEBUTUHAN ORANG BANYAK & ANDA SUDAH DAPAT MENATA NYA DENGAN BAIK;)

terima kasih semoga bermanfaat,.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar